Jenis Kegiatan Impor yang berlaku di Indonesia

Kegiatan impor adalah kegiatan yang belum banyak dipahami oleh banyak orang di Indonesia. hanya ribuan orang dari ratusan juta penduduk Indonesia yang memahami proses alur dokumen impor ini. oleh karena itu tidak banyak orang yang berani untuk menjalankan bisnis impor, atau mengimpor barang. hal tersebut karena setiap manusia cenderung untuk takut salah, karena belum mengerti aturannya.

saya ingin berbagi tentang tata cara mengimpor barang , namun barangkali tidak bisa dijadikan dalam satu artikel. akan saya tuliskan dalam beberapa artikel.

Impor barang ke Indonesia, dalam aturannya ada beberapa macam kategori jika dilihat dari cara membawa barang tersebut ke Indonesia. yang paling lazim adalah impor yang menggunakan kapal cargo atau mungkin pesawat cargo. ini sering disebut sebagai impor umum.

yang kedua adalah impor dengan cara mengirimkan barang melalui pos atau perusahaan pengiriman barang. biasanya dilakukan oleh perorangan yang mengirim barang untuk sanak saudara. atau juga untuk beberapa orang yang membeli barang secara online di luar negeri.

yang ketiga adalah impor barang dengan cara dibawa sendiri ketika datang sebagai penumpang. misalnya saja anda bepergian ke luar negeri. kemudian membawa barang yang dibawa ke Indonesia. nah ini tergolong sebagai kegiatan impor juga. kategorinya impor sebagai barang penumpang. ini berbeda caranya dengan kategori yang lain. selain itu ada juga barang yang dibawa ke Indonesia melalui lintas batas darat atau laut. ini sebenarnya mirip dengan kategori impor sebagai barang penumpang.

yang keempat adalah impor untuk barang pindahan. ini biasanya oleh orang Indonesia yang bekerja atau belajar di luar negeri kemudian mengirimkan barangnya kembali ke Indonesia. bisa saja sejumlah beberapa kardus, namun juga bisa sampai menggunakan kontainer.

itulah kategori barang impor yang akan saya bahas kemudian. karena setiap kategori tersebut tata caranya berbeda antara satu dengan yang lainnya.

One thought to “Jenis Kegiatan Impor yang berlaku di Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *