inilah penjelasan tentang barang lartas

sebenarnya apa sih artinya barang lartas. beberapa orang yang masih belum paham definisi barang lartas akan kebingungan dan khawatir akan ada masalah di belakangnya.

barang lartas dalam definisi ini adalah barang yang diatur tata niaga nya dalam kegiatan ekspor maupun impor. lartas adalah singkatan dari larangan dan pembatasan. jadi barang lartas adalah barang yang termasuk kategori barang yang dilarang dan atau dibatasi dalam transaksi kegiatan impor maupun ekspor. termasuk juga barang yang dibawa oleh penumpang yang berasal dari luar negeri.

Barang yang termasuk dilarang atau dibatasi diatur tata niaganya untuk masuk ke Indonesia. untuk barang larangan sudah jelas, bahwa barang tersebut dilarang untuk masuk ke Indonesia. sebut saja narkotika, pestisida jenis tertentu, pakaian bekas dan lain sebagainya. jika ada orang yang membawa barang tersebut masuk ke Indonesia, maka barang akan ditahan oleh bea cukai. karena dilarang untuk dimasukkan ke Indonesia. proses selanjutnya apakah termasuk pidana atau bukan itu akan diselidiki lebih lanjut.

Sedangkan barang yang kategori barang pembatasan adalah barang yang diatur, ketika akan masuk ke Indonesia wajib memenuhi persyaratan tertentu. persyaratan tersebut misalnya saja mempunyai SNI, dilengkapi laporan surveyor, ataupun hanya boleh dimasukkan oleh institusi tertentu misalnya importir khusus elektronik.

pengaturan tentang pembatasan ini sangat banyak sekali. di Indonesia, instansi yang mengatur sangat banyak, diantaranya kementerian perdagangan, Badan POM, Karantina Ikan, Karantina Tumbuhan, Kepolisian, Kementerian ESDM, Kementerian Kehutanan, pertahanan dan sebagainya. masing-masing mempunyai kewenangan untuk memberikan rekomendasi untuk pemasukan barang tertentu. namun semua peraturan terebut di pelabuhan atau bandara dilaksanakan oleh bea cukai untuk memeriksa setiap barang yang akan masuk ke Indonesia.

misalnya saja, kita akan melakukan impor barang berupa permen karet. persyaratan yang wajib dipenuhi adalah surat keterangan impor dari Badan POM. tanpa adanya surat keterangan impor dari badan POM, barang akan ditahan oleh bea cukai. namun hal ini tentu dibedakan ketika barang yang dibawa penumpang pesawat udara dari luar negeri dengan jumlah yang tidak signifikan. hanya untuk konsumsi pribadi misalnya. ini dibebaskan dari ketentuan tersebut, tetapi jika membawa 5 karung, tentunya tidak lazim untuk pemakaian pribadi, pasti akan dipertanyakan oleh pihak bea cukai.

selanjutnya bagaimana kita tahu bahwa suatu barang termasuk barang lartas atau bukan. sekarang jamannya sudah transparan, silahkan klikĀ https://eservice.insw.go.id/ kemudian klik pada menu Indonesia NTR –> Lartas Information nanti kita tinggal masukkan nama barang pada lartas impor description atau jika sudah mengetahui kode HS maka bisa masukkan kode HS. nanti akan muncul apa saja persyaratan yang diperlukan dalam rangka impor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *