Fasilitas Kawasan Berikat yang menguntungkan Industri

Di Indonesia ini telah lebih dari puluhan bahkan ratusan perusahaan yang menerima fasilitas sebagai kawasan berikat. dengan mendapatkan fasilitas tersebut, perusahaan akan mendapatkan penangguhan pembayaran Bea masuk dan pajak dalam rangka impor sehingga hasil produksi dapat ditekan biayanya.

dengan penekanan biaya produksi tersebut akan lebih mudah bersaing dalam penjualan barangnya. terutama bersaing dengan pasar ekspor di luar negeri. belum lagi dengan kemudahan dalam proses impor yang akan mendapatkan waktu release lebih cepat di pelabuhan.

secara etimologi, kawasan berikat adalah suatu kawasan dengan batas-batas tertentu yang digunakan untuk menimbun barang impor atau dari dalam negeri untuk dilakukan pengolahan yang kemudian akan diekspor. pemasukan barang ke kawasan berikat diberikan penangguhan bea masuk, pajak pertambahan nilai dan pejak penghasilan.

perlakuan khusus untuk perusahaan di kawasan berikat dalam hal perpajakan adalah adanya penangguhan bea masuk, pembebasan cukai, dan tidak dipungut pajak dalam hal memasukkan barang dari luar negeri untuk barang berupa bahan baku, bahan penolong, barang modal, peralatan perkantoran dan barang lain yang digunakan untuk produksi. sedangkan barang yang dari dalam negeri yang digunakan untuk diolah, sebagai bahan baku tidak dipungut PPN dan PPnBM. sangat menarik ya dengan kemudahan fasilitas perpajakan tadi.

selain fasilitas perpajakan, perusahaan kawasan berikat juga dapat melaksanakan kegiatan impor yang lebih cepat dibandingkan dengan perusahaan yang lain. karena dokumen yang digunakan berbeda. jika impor biasa di bea cukai menggunakan formulir pemberitahuan impor barang atau kode BC 2.0 sedangkan ke kawasan berikat akan menggunakan kode dokumen BC 2.3 dengan fasilitas barang belum dikenakan aturan tata niaga atau larangan dan pembatasan.

Perusahaan dengan fasilitas kawasan berikat sebenarnya diutamakan produknya sebagai komoditi ekspor. namun masih dapat menjual barang di dalam negeri dengan kuota sebesar 50% dari nilai ekspor pada tahun sebelumnya. penjualan dalam negeri tersebut dapat dilakukan dengan membayar bea masuk dan pajak yang telah ditentukan.

untuk mendapatkan fasilitas perpajakan dengan menjadi pengusaha kawasan berikat dapat mengajukan pada kantor bea cukai terdekat. tentunya setelah melalui tahapan registrasi kepabeanan seperti yang pernah kami tulis disini.

seiring dengan program reformasi, proses pendaftaran sekarang juga semakin cepat. paling lama 3 hari dokumen akan dilakukan pengecekan hingga lokasi. jika memenuhi syarat, diwajibkan untuk melakukan presentasi dan setelah itu dalam 1 jam akan ada keputusan disetujui atau tidak.

pada setiap kawasan berikat, akan ditempatkan petugas bea cukai yang akan mengawasi setiap pemasukan maupun pengeluaran dari kawasan berikat. kegiatan itu bisa berupa pemeriksaan fisik maupun pembukuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *