Berapa persen bea masuk barang ini ya?

ada teman saya tanya, saya mau masukin barang ini nih, bea masuknya berapa ya ? dan mungkin banyak lagi yang bertanya seperti itu. bukan hanya teman saya tadi. besaran persentase bea masuk berbeda-beda setiap barang. misalnya saja untuk sepatu akan berbeda dengan baju. akan berbeda lagi untuk mobil, berbeda dengan kacamata dan sebagainya.

besaran bea masuk ditentukan oleh menteri keuangan dan setiap periode tertentu akan dapat diperbarui. bisa lebih tinggi dan bisa juga diturunkan menjadi lebih rendah persentase nya. biasanya besaran persentase bea masuk juga dikenal dengan tarif bea masuk. dan ini bisa dilihat di buku tarif kepabeanan Indonesia.

sebenarnya tarif bea masuk ada dua macam. tarif persentase dan tarif advalorum. untuk tarif persentase menggunakan besaran persen. misalnya saja 5% atau 10% kali nilai pabean, bukan nilai barang. sedangkan tarif advalorum adalah besaran nilai rupiah yang dikalikan dengan satuan barang. misalnya Rp. 1000 per kilogram.

untuk mengetahui besaran persentase bea masuk, sangatlah mudah. sekarang ini sudah tersedia di portal insw atau Indonesia National Single Window. disitu tersedia lengkap data tentang besaran tarif bea masuk, PPN, dan juga adanya aturan tata niaga dari setiap barang. silahkan klikĀ http://eservice.insw.go.id/

setelah itu kemudian dipilih HS Code Information, setelah itu bisa diisi dengan barang yang kita ingin tahu tarif bea masuknya, jika sudah tahu HS Code nya lebih baik, namun jika belum bisa dipilih description in Indonesian. kemudian masukkan keywordnya.

saya contohkan disini barangnya adalah payung, akan muncul beberapa produk dengan keyword payung. nah disini yang perlu kejelian untuk memilih barang yang sesuai dengan keinginan kita. setelah itu bisa di klik pada angka HS Code yang 8 digit.

setelah diklik pada HS code akan terlihat besaran tarif bea masuk dan PPN seperti dibawah ini

dalam contoh tersebut besaran tarif bea masuknya adalah 15% dan PPN 10%. setelah itu juga bisa dilihat jika ada tarif preferensi free trade agreement dengan negara asal pada bagian bawah halaman tersebut.

demikianlah cara mencari tarif bea masuk barang impor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *