apa sih PPJK itu ?

Tidak semua orang mengetahui tentang prosedur yang ada di bea cukai. tidak semua orang mengetahui tata laksanan kegiatan impor dan ekspor barang. tidak semua orang bisa dan paham seluk beluk ekspor maupun impor barang dari luar negeri. untuk itulah ada PPJK.

Untuk yang masih awam, PPJK adalah singkatan dari Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan. dilihat dari namanya saja berarti pengusaha yang mengurus atau memberikan jasa untuk melakukan kegiatan atau pengurusan dalam bidang kepabeanan. jasa dalam bidang kepabeanan ini bisa saja diartikan pelayanan atau jasa untuk mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan kepabeanan atau lazim di Indonesia disebut sebagai bea cukai.

mengapa perlu PPJK? seperti yang ada di paragraf pertama, karena tidak semua orang memahami alur yang ada di bea cukai. dan juga alasan lain adalah beberapa perusahaan lebih suka memberikan pekerjaan mengurus barang impor atau ekspor kepada pihak lain, dalam hal ini PPJK, dan perusahaan hanya mau menerima beresnya saja. pada akhirnya memang bukan saja pengurusan di bea cukai saja, namun PPJK juga bisa memberikan layanan lain yang dibuat bundling. misalnya saja untuk membantu kegiatan impor suatu perusahaan, PPJK memberikan layanan pengurusan ke bea cukai, ke pelayaran, ke tempat penimbunan/pelabuhan, trucking/transportasi dan sebagainya yang akhirnya perusahaan tinggal menerima barang sampai di gudang.

jadi dalam aktifitasnya, importir atau eksportir memberikan kuasa kepada PPJK untuk membuat dokumen, menghitung bea masuk dan pajak, mengurus barang di pelabuhan, memesan alat transportasi dan sebagainya. bagi pemberi jasa, hanya memberikan data pendukung yang diperlukan dan biaya yang dikeluarkan.

PPJK harus terdaftar di bea cukai. setiap PPJK harus mempunyai NPPPJK atau nomor pokok pengusaha pengurusan jasa kepabeanan. setiap PPJK harus mempunyai pegawai yang menjadi ahli kepabeanan yang bersertifikat. ahli kepabeanan biasanya didapatkan setelah sekolah di lembaga tertentu yang ter akreditasi di pusdiklat bea cukai.

bagi yang belum memahami proses di bea cukai memang disarankan untuk menggunakan jasa PPJK. namun juga harus berhati-hati karena banyak juga PPJK yang mengenakan tarif tinggi untuk jasanya. lebih baik jika mendapatkan review terlebih dahulu profil PPJK yang akan digunakan. angan sampai tertipu dengan biaya yang selangit, memanfaatkan ketidaktahuan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *